Bisnis Jual Beli Mobil sebetulnya tidak membutuhkan modal yang besar sebab hanya mempunyai koneksi atau jaringan yang luas anda bisa memulai bisnis tersebut. Apalagi di Indonesia ini, jumlah mobil pribadi yang ada di Jakarta saja jumlahnya mencapai lebih dari 2 juta dari data BPS di tahun 2019. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memulai bisnis jual beli mobil ini.

Karena dalam memulai sebuah bisnis pasti harus banyak memperhitungkan lebih detail lagi. Jangan terlalu gegabah dalam memulainya dan anda wajib memiliki suatu ilmu terhadap bisnis yang akan dijalankan. Untuk itu saya disini akan memberikan sedikit tips bagi anda yang baru akan memulai bisnis jual beli mobil. Berikut 5 tips yang harus anda pelajari.

  1. Pilih Mobil yang Disukai Pasar

Pernah dengar istilah product fast moving? Iya, produk yang sangat cepat lakunya dipasaran. Seperti halnya mobil juga ada jenis mobil yang paling banyak dicari dan ada juga yang jarang peminatnya. Anda harus cari mobil yang paling banyak dicari orang selain itu harus cari mobil dengan tahun keluaran terbaru. Satu lagi, cari mobil-mobil yang sangat mudah mendapatkan sparepartnya karena biasanya orang akan lebih memilih mobil yang mudah didapatkan onderdilnya.

  1. Perbaiki Mobil

Segeralah perbaiki mobil bekas yang akan anda jual, mulailah dengan mengecek body-body exterior pada mobil jika ada yang lecet segera diperbaikin dan hilangkan bekas lecetnya. Setelah itu perhatikan interior mobilnya, jika ada yang usang atau rusak bisa diperbaiki atau diganti dengan yang baru. Lanjut cek bagian mesin mobil, ini yang paling utama untuk dilakukan. Mesin mobil yang sehat pastinya sangat diminati calon pembeli.

Jika tampilan mobil sudah ok dan juga mesin-mesinnya sudah tidak ada masalah, bukan tidak mungkin mobil tersebut akan lebih cepat terjual dan pastinya dengan harga yang tinggi sesuai keinginan anda.

  1. Cek Kelengkapan Surat

Sama juga dengan poin poin diatas, cek kelengkapan surat mobil bekas sebelum anda terima untuk dijual kembali. Calon pembeli anda tidak akan sembarangan dalam membeli mobil, pastinya mereka juga paham akan kelengkapan surat kendaraan yang akan mereka beli. STNK, BPKB dan Faktur Penjualan menjadi berkas utama yang harus ada untuk dilengkapi sebelum mobil dijual kembali.

Selain STNK, BPKB dan Faktur Penjualan ada juga buku riwayat service kendaraan yang menjadi pelengkap. Ini juga termasuk penting sebab calon pembeli ingin mengetahui apakah riwayat service kendaraan tersebut rutin atau tidak. Jika service nya rutin, bisa dikatakan mobil tersebut sehat dan terawat. Jangan lupa juga cek pajak mobil tersebut apakah sudah terbayarkan atau telat bayar pajaknya. Anda juga bisa cek pajak kendaraan online dengan aplikasi di smart phone anda.

  1. Perluas Jaringan Anda

Bisnis apapun, memperluas jaringan adalah suatu hal yang wajib dilakukan. Bisnis tidak akan berkembang jika anda tidak memiliki jaringan yang luas. Begitu juga saat anda sudah memulai bisnis jual beli mobil. Jika sebelumnya anda sudah memiliki jaringan, pertahankan jaringan tersebut lalu kembangkanlah. Karena hingga sekarang ini, jaringan adalah modal utama dalam berbisnis apapun bentuk bisnisnya.

  1. Perhatikan Arus Keluar Masuk Keuangan

Manajeman keuangan sangat penting bagi anda yang sedang berbisnis. Mengetahui arus keluar masuk uang sangatlah penting untuk melihat laba dan rugi selama berbisnis. Dari situ kita bisa menganalisa bisnis kita sendiri akan dibawa kemana selanjutnya.

Anda juga harus tahu modal awal berapa dan berapa target yang akan anda capai selama 1 tahun kedepan. Jika berhasil tidak ada salahnya tambah lagi modal yang anda miliki dan tingkatkan kembali target setahun kedepan.

Nah gimana, mudahkan? Anda hanya tinggal konsisten dalam menjalani tahap-tahap diatas dan pastinya sedikit bekerja keras untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jangan lupa berdoa juga yah.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *